5 Letusan Dahsyat Gunung Berapi Sepanjang Sejarah, No 3 Bikin Warganet Terpingkal

Posted on

Sepanjang sejarah Bumi, kita menyaksikan bagaimana letusan gunung berapi bisa begitu mengakibatkan kepunahan umat manusia juga makhluk hidup lainnya.

Sedikit contoh dalam beberapa abad terakhir. Terdapat lima ‘kepunahan massal’ yang disebabkan letusan maha dahsyat gunung berapi.

Meski demikian, titik-titik panas gunung api dunia sudah terpantau dengan baik.

Kita sulit menebak, apa yang akan terjadi atau cukupkah waktu untuk mempersiapkan peristiwa sejenis.

Mungkin sekali peristiwa itu tidak terjadi di masa hidup kita atau ratusan ribu tahun ke depan. Yang jelas letusan itu akan dan pasti terjadi lagi.

Dan sebagai pengingat, Berikut 5 Letusan gunung maha dahsyat sepanjang sejarah…

5. Gunung Pelee (Martinique)

 Letusan Gunung Berapi

Tak ada yang menyangka kalau kedamaian di Kepulauan Karibia akan diusik oleh letusan gunung ini pada 1902. Tanda-tanda sebelum meletus, perairannya menjadi lebih hangat dan asam. Getaran letusannya juga menimbulkan tsunami yang menewaskan lebih dari 30 ribu orang.

4. Gunung Krakatau 

 Letusan Gunung Berapi

Krakatoa, juga dikenal sebagai Krakatau, adalah pulau vulkanis yang still-dangerous. Terletak di Selat Sunda, Indonesia. Agustus 1883, sebuah rangkaian ledakan dahsyat yang mengerikan dengan kekuatan 13,000 kali lebih besar dari bom Hiroshima. Ledakannya terdengar hingga ke Perth, Australia.

Muntahan lebih dari 21 kilometer kubik batu dan debu membumbung hingga setinggi 70 mil. Secara resmi, lebih dari 37,000 orang tewas. Namun dengan tsunami yang ditimbulkannya, korban sepertinya bisa lebih besar lagi.

3. Gunung Tambora 

 Letusan Gunung Berapi

Letusan gunung pada 1815 ini disebut sebagai yang terparah sepanjang sejarah peradaban manusia. Lebih dari 71 ribu orang meninggal dunia.

Yang membuat ngeri, muntahan gas, lava dan awan panasnya membuat belahan dunia tak merasakan musim panas. Peristiwa itu dikenal dengan sebutan ‘The Year Without Summer 1816’

2. Gunung Huaynaputina 

 Letusan Gunung Berapi

Pada tahun 1600, gunung ini meletus dan terus bergejolak selama dua minggu. Letusan gunung ini diawali dengan gempa sebesar 8 skala Richter yang memisahkan sejumlah daratan di Peru. Lebih dari 2 juta orang meninggal dunia dalam peristiwa ini.

1. Gunung Laki 

 Letusan Gunung Berapi

Gunung ini meletus pada 1783 dan memuntahkan gas, lava dan awan panas selama delapan bulan. Akibatnya, lebih dari 5 juta orang meninggal dunia.

Tak hanya penduduk Islandia, penduduk negara yang berbatasan dengan gunung pun ikut menjadi korban, seperti di Perancis dan Mesir. Sedangkan di Islandia, lebih dari 9.300 orang tewas, diperkirakan mencapai 25 persen total populasi di sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *